Laporan Modul 3 Pbo java

MODUL III
OOP LANJUTAN

1.Landasan Teori

1. Definisi objek
Setiap objek (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan template pada sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.

Method adalah suatu operasi berupa fungsi - fungsi yang dapatdikrjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.

Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing - masing class pasti memiliki minimal satu construktor.

2. Method Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter.

3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.


2. Praktikum 
Praktikum 1 
1. Buatlah Projek Baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO
2. Buat File Empty Java File Baru
3. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri Anda.Java

hasil Running contoh hasil runing

Praktikum 2
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.Java


Hasil Running

Praktikum 3
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.Java



3. Buat File empty Java File Baru
4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama filecontoh  andri.Java



 Hasil running



Praktikum 4
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.Java
 

3. Buat File Empty Java File Baru
4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.Java




5. Jalankan kode program diatas



Praktikum 5
 
1. Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Mobil.Java
2. Ketikan Source Code berikut
 


3. Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama Utama.Java
4. ketikan kode program berikut



5.hasil running



Postest
1. Buatlah program penerapan class, objek, atribut, method sperti praktikum 3 dengan class / objek yang lain.
Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file klakson.Java
Ketikan kode program berikut


Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama suaraklakson.Java Ketikan Source code ny


hasil Runnig



Tugas 

1. Buatlah program praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPane

- Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Manusia.Java
Ketikan kode program berikut

Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan contoh  nama file andri.Java Ketikan kode program beriku


hasil running


 


 
 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN VIRTUAL LAN

Laporan modul 7 pbo

Laporan modul 5 pbo